26 Mei 2025


WAKIL GUBERNUR RESMIKAN SAMSAT INDUK PESIBAR, BUPATI DEDI IRAWAN: JANGAN ADA PUNGLI DALAM PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT

Diterbitkan 26 Mei 2025 ~ 7:08 PM


LENSAPESISIR.ID,-Sejak resmi dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati, Dedi Irawan-Irawan Topani, S.H., M.Kn., langsung mengencangkan ikat pinggang dalam upaya menunaikan visi-misinya.

Kerja keras pasangan kepala daerah bersama jajarannya itu mulai membuahkan hasil nyata dengan diresmikannya kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Induk yang diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Lampung, dr. Jihan Nurlela, M.M., di Halaman Samsat Induk Pesibar, Kecamatan Way Krui, Senin (26/5/2025).

Peresmian dimaksud dihadiri dan disaksikan langsung oleh Bupati Pesibar, Dedi Irawan, forkopimda setempat, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan tokoh masyarakat. 

Dalam sambutannya Bupati, Dedi Irawan mengatakan bahwa, Samsat Induk bukan sekadar sebuah gedung atau lembaga administratif, tetapi merupakan representasi dari hadirnya negara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Artinya kehadiran Samsat Induk Pesibar menjadi simbol kemajuan, kemandirian daerah, dan langkah nyata dalam mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat," tutur Bupati, Dedi Irawan.

Karenanya Bupati, Dedi Irawan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemprov Lampung, khususnya Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Polda Lampung, Jasa Raharja, serta seluruh pihak yang telah bersinergi dan berjuang sehingga terwujudnya peresmian Samsat Induk Pesibar.

Bupati, Dedi Irawan tak menampik diresmikanya Samsat Induk dimaksud, buah dari kolaborasi, kerja sama, dan semangat gotong royong semua pihak yang terlibat. "Kini masyarakat dapat memperoleh pelayanan yang lebih cepat, efisien, dan nyaman tanpa harus keluar dari wilayah sendiri," kata Bupati, Dedi Irawan.

Bupati, Dedi Irawan menegaskan, Pemkab Pesibar meyakini pelayanan publik yang baik adalah fondasi utama dalam membangun kepercayaan masyarakat. Karenanya, Bupati, Dedi Irawan berharap agar Samsat Induk mampu menjadi pusat pelayanan yang ramah, transparan, akuntabel, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. "Pelayanan publik adalah tugas utama dan cermin dari wajah pemerintahan. Karena itu, saya titipkan amanah ini kepada seluruh petugas. Layanilah masyarakat dengan sepenuh hati, sambut dengan senyum, dengan kesabaran, dan dengan ketulusan. Perlu untuk dipahami bahwa kita hadir sejatinya untuk melayani masyarakat,"

"Jangan ada Pungutan Liar (Pungli), jangan ada penyalahgunaan kewenangan. Mari jaga marwah lembaga dengan menjunjung tinggi integritas dan kejujuran. Karena sesungguhnya, setiap satu rupiah yang dikumpulkan dari pajak adalah amanah rakyat  yang kelak akan dipertanggungjawabkan, bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat," tegas Bupati, Dedi Irawan.

Orang nomor satu di Pesibar itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat Pesibar untuk memanfaatkan fasilitas dimaksud dengan sebaik-baiknya yakni taat membayar pajak, karena dari pajaklah pembangunan bisa terus berjalan. Pajak kendaraan yang dibayarkan adalah bagian dari kontribusi nyata kita dalam membangun infrastruktur, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan fasilitas publik lainnya.

"Peresmian ini menjadi titik awal semangat baru dalam meningkatkan pelayanan publik di Pesibar. Mari terus jaga sinergi antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, demi kemajuan Pesibar kedepan," pungkas Bupati, Dedi Irawan.‎

Sementara itu Wakil Gubernur, Jihan Nurlela disela-sela sambutannya menegaskan bahwa, diresmikannya Samsat Induk Pesibar merupakan wujud nyata komitmen pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik, khususnya di bidang administrasi kendaraan bermotor dan pajak daerah.

‎“Pemprov Lampung berharap keberadaan Samsat Induk ini dapat mempermudah akses masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan kendaraan bermotor, sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga bisa meningkat,” ujar Wakil Gubernur, Jihan Nurlela.

Momen peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Gubernur, Jihan Nurlela dan Bupati, Dedi Irawan. (Diskominfo/red).